Persiapan instalasi system operasi berbasi G.U.I (graphic user interfact)

Persiapan instalasi system operasi berbasi G.U.I (graphic user interfact)

1) pendahuluan

Sitem operasi merupakan penghubugn antara pengguna computer dengan perangkat keras computer. Sebelum ada system operasi, orang hanya menggunakan computer dengan menggunakan signal analog dan signal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai system operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih mememahami system operasi maka sebaiknya perluu diketahui terlebih dahulu beberepakonsep dasar mengenai system operasi itu sendiri

Pengertian system operasi secara umu ialah pengelolaan seluruh sumber daya yang terdapat pada system computer dab pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguna, serta pemanfaatan sumber daya system computer dapat lebih optimal.

a) Fungsi dasar

System computer pada dasarnya terdiri dari 4 komponen utama yaitu perangkat keras, program aplikasi, system operasi, dan pengguna. System operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

Sistem operasi berfungsi obarat pemrintah dalam suatu Negara. Dalam arti membuat kondisi computer agar menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunaka sumber daya yang sama. System operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber daya. System operasi juga sering disebut resourece allocator satu lagi fungsi penting system operasi salah, sebagai pendali yang bertujua untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan computer yang tidak perlu.

a) Persyaratan hardware

System computer yang akan dilakukan penginstalan MS. Windows 98 mempunyai karakter minimal berproccesor 486DX atau 66MHz, dam mempunyai RAM minimal 24 Mb.

Space hard disk yang dibutuhkan tergantung pada konfigurasi penginstalannya untuk instalasi :

- Typical berkisar : 205 Mb - 260 Mb

- Instalasi Ful bekisar : 210 Mb - 400 Mb

Jika melakukan instalasi windows 98 pada drive selain Drive C, maka setup tetap memutuhkan space pada drive C minimal 25 Mb untuk system dan log file selama pelaksanaan instalasi.

b) Hal-hal yang perlu dipersiapkan menghindari error saat instalasi

1. Scan disk

Pastikan bahawa hard disk anda tidak ada masalah (kerusakan) dengan menjalakan scan disk sebelum melakukan setup, sekaligus segera betulkan (fix), jika ada masalah scan disk dapat dilakukan dibawah system operasi windows (jika sudah ada, dan maksud penginstalan untuk upgrade atau perbaikan system operasi yang sudah ada) atau menggunkan DOS

cara-cara menginstal S.O.D

1. siapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam menginstal windows

2. setting BIOS untuk storage yang digunakan dalam proses penginstalan ketik “delete” pada booting (awal menyalakan pc) jika sudah exit dengan menekan “f10”

3. lalu setelah keluar timbul layar dengan berbasis text lalu setelah ada perintah tekan sembarang tombol untuk masuk ke dalam proses instalasi

4. pilih model atau instalasi yang mana yang akan di instaln yang “menginstal baru dengan menekan tombol enter” atau “memperbaiki instalan yang sudah ada tekan r”

5. pilih partisi/memory yang akan digunakan di C; atau di D; atau pula membuat partisi baru dengan menekan tombol “C” setelah memilih partisi yang diingikan tekan “enter”

6. lalu setelah itu harus ada hardisk yan keluar dengan cara memformat, pilih menu untuk memformat hardisk yang secara cepat atau normal,pilih lalu tekan “enter”

7. setelah selesai dengan formatting hardisk dan update memory, selanjutnya mengupdate bahasa, dan waktu

8. untuk waktu akan timbul menu “regional options” lalu pilih waktu yang sesuai dengan tempat tinggal anda

9. lalu selanjutnya menyeting bahasa klik “languanges” lalu contreng ke-2 ikon tersebut agar semua bahasa dapat di lihat

10. pilih bahasa yang diinginkan di “advanced” tekan “apply” lalu “ok”

11. muncul bagian “installing windows”, tulisakan nama dan oraganisasi yang sesuai dengan anda klik “next”

12. tampak “windows product keys” lalu masukan serianl number yang terlebih dahulu di dapatkan dalam paket di explore anda

13. setelah selesai tampak kembali hal-hal yang sudah di set untuk memastikan jika sudah klik “next”

14. sama seperti sebelumya untuk memastikan waktu dan tanggal yang sudah di set, pastikan kembali tekan “next”

15. secara otomatis pc akan me-“restart” dan S.O.D yang sudah di install secara otomatis pula terpasang

selesai.



1 komentar:

kemas rafie mengatakan...

http://lh3.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/Szujpo5NdZI/AAAAAAAABfk/scMJknME5wQ/s128/t4belajarblogger65.gif

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Poskan Komentar

thanks for apresiasi