HARDWARE

“hardware”
hardware adalah sekumpulan perangkat keras di dalam computer yang dapat kita lihat, raba, dan rasakan. secara umum, hardware computer bisa dibagi menjadi 4 bagian sebagai berikut :
1. alat input
- touch screen
- light pen
- track ball
- keyboard
- mouse
- scanner
- bar code wand
- floppy disk drive
- pointing device
- digital camera
- optical data reader
- MIC
- CD-ROM
- digitizer graphic tablet
2. alat proses
terdiri dari CPU (central processing unit) atau processor yang didukung oleh motherboarddan dibantu oleh komponen-komponen yang ada di dalam motherboard tersebut
3. alat output
- printer
- speaker
- monitor
- plotter
- CD-RW
- DVD-RW
- floppy disk drive
4. media penyimpanan (storage)
- hardisk
- disket
- flash memori
- thumb drive
“processor”
processor merupakan otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah chip yang sering disebut “microprocessor” pada saat ini, ukuran processor telah mencapai tingkatan GHz (gigahertz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam megolah data atau informasi semakin besar ukurannyasemakin cepat proses pengolahan dan pengaksesan atau informasi tersebut. Pada dasarnya, kinerja processor dibantu oleh data dan chipset.
Merek processor yang banyak di jual di pasaran sbb :
- AMD (American micro device)
- Apple
- Cyrix é VIA
- IBm
- IDT
- Intel
“bagian penting processor”
Secara umum procesoor memilki 3 bagian penting sbb:
- Arithmatics logical unit (ALU)
ALU merupakan pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalakan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah system PC.
- Control unit (CU)
CU merupakan bagian yang menjadi pengatur semua lalu lintas data dan perhitungan yang dilakukan olah processor. Dengan adanya unit ini, segala perhitungan yang dilakukan dan eksekusi dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya.
- Memori unit (MU)
MU merupakan unit pendukung. Semua perintah yang sering di gunakan oleh processor akan disimpan sementara pada bagian ini, dengan adanya memori unit processor tidak perlu lagi memanggil perintah yang sama ke bagian lain. Dengan demikian, waktu yan gdibutuhkan untuk menjalankan perintah-perintah penting dapat dipersingkat. Pada processor modern, memori unuti pada bagian processornya (core). Umunya, memori unit sering disebut sebagai cache memori yang dibenahkan pada sebuah processor, sehingga kecepatan eksekusinya semakin membaik

1 komentar:

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Poskan Komentar

thanks for apresiasi